Sabtu, 08 Maret 2014

Kerukunan Antar Umat Beragama


xv
Kerukunan Antar Umat Beragama
(persahabatan dalam lingkungan suatu kaum  yakni kaum yahudi
dan nasrani dengan orang mukminin )
A.     Firman Allah Swt
بسم الله الرحمن الرحيم
* ¨byÉftGs9 £x©r& Ĩ$¨Y9$# Zourºytã tûïÏ%©#Ïj9 (#qãYtB#uä yŠqßguø9$# šúïÏ%©!$#ur (#qä.uŽõ°r& ( žcyÉftGs9ur Oßgt/tø%r& Zo¨Šuq¨B z`ƒÏ%©#Ïj9 (#qãYtB#uä šúïÏ%©!$# (#þqä9$s% $¯RÎ) 3t»|ÁtR 4 šÏ9ºsŒ ¨br'Î/ óOßg÷YÏB šúüÅ¡Åb¡Ï% $ZR$t7÷dâur óOßg¯Rr&ur Ÿw tbrçŽÉ9ò6tGó¡tƒ ÇÑËÈÎ)ur(#qèùztä z
B.     Tarjamah الترجمة (terjemah ayat)

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang.Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri.
(QS. Al Maidah:82)
C.     Maaniyah ijmali معاني اجمالي (maksud ayat secara global)
Ayat 82 surat Al-maidah diatas mengandung arti secara global antara lain :
1.      Permusuhan terhadap orang yang beriman ialah orang kafir dari bangsa mekkah berlipat-lipat kekufuran  dan  kebodohan mereka (jahil) bahwasanya kedauanya bagaikan orang yang bingung dalam mengikuti hawa nafsu
2.      Itu lebih dekat cinta mereka kepda orang mukmin dengan sebaba orang nasrani diantara mereka ulama ulama dan pendeta pendeta
3.       Dan ulama ulama dan pendeta tidak sombong mereka semua dalam mengiuti kebenaran sebagai manan kesombongannya kaum yahudi dan ahli makah (orang kafir makkah )di turunkan di tengah-tengah orang najasi yang terdahulu atas mereka dari raja habasah membacakan nabi muhammad saw surat yasin mereka menagis dan menyerahkan diri(masuk islam) dan meeka berkata tidak ada yang menyerupai ini dengan sebab yang ada yang di turunkan ke pada nabi isa1

D.    Tafsir ijmaliالتفسر الاجمالي (penjelasan ayat secara global)
1’’ لَتـَجِدنَ اَشَـدَ النَاس’mendapati manusia yang paling maksudnya القي bertemu dengan seseorang
2. ‘’عَدَاوَةً ‘’ Al adawah kebencian yang mempengaruhinya tamapk pada perkataan dan perbuatan المودة Al mawadah kecintaan yang mempengaruhinya
3. اَلْقِسِيْسُوْنَ  Al-Qisissun kata jama dari قِسِسْ qisis yaitu kepala agama di atas penjaga gereja di bawah uskup pada mulanya لْقِسِيْسُوْنَا Al-Qisisun (para pendeta)yaitu orang-orang yang mengerti agama dan kitabnya karena mereka adalah para memimpin dan pemberi fatwa
4. الرُهْبَانْ  Ar Ruhban kata jamak dari رُاهِبُ rohib yaitu orang yang mengasingkan diri dari tempat-tempat peribadatan2

E.     Tafsir tafsili التفسير التفصيلي (penjelasan ayat secara rinci)
1.      لَتـَجِدنَ اَشَـدَ النَاسِ عَدَاوَةًلِلَديْنَ أمَنُواالْيَهوْدَوَالديْن الناس  Annas orang ayat ini berbentuk sumpah sunggu wahai rasul kamu benar-benar akan mendapati orang paling keras permusuhanya terhadap orang –orang yang membenarkan dan mengikutimu serta membenarkan apa yang kamu bawa kepada merka, adalah orang-orang yahudi dan kaum musrikin dan kalangan orang-orang penyembah berhala mereka menjadika sebagai tuhan dan menyembah selain allah permusuhan dan penganiayaan terkeras yang d jumpai nabi saw ialah dari kau yahudi hijajd madinah dan sekitarnya al hafidz abu bakar bin  bahwa rasulullah saw bersabda
مَا خَلاَفَ يهُوْدِيُ بِمُسْلِمِ اِلاَ هَمَ بِقَتْلِهِ
2.       وَلَتَجِدَنَ اَقْرَبَهُمْ مَوَدَةًلِلَدِيْنَ اَمنٌوْاالدِيْنَ قَالُوْآاِنَانَصرى kemudian sesungguhnya kamu akan mendapati orang yang paling dekat kecintaannya kepada orang-orang yang membenarkan dan beriman kepadamu adalah orang yang mengatakan”Sesungguhnya kami adalah orang-orang nasrani. Nabi SAW telah melihat sendiri bahwa kaum nasrani habasiyah memberikan kecintaan yang sangat baik, yaitu dengan memberikan [1]perlindungan kepada para muhajirin yang di utus oleh rasulullah saw pada permulaan islam di mekkah ke habasiyah karena di kawatirkan kaum musrikin mekkah akan menganiaya dengan penganiayan yang berat untuk menggangu keberagamaan mereka
Ketika rasulullah saw mengirimkan surat-surat nya kepada raja raja dan pemimpin kau nasrani adalah yang paling baik di dalam membeika  jawaban Heracus raja romawi di syam berusaha meyakinkan rakayatnya untuk menerima islam tapi tidak bisa karena teradisi sudah mendarah daging3
3.      دَلِكَ بِاَنَ مِنْهٌم قِسِيْسِنَ وَرٌهْبَا نًاوَانَهُم لاَيَسْتَكْبِرٌوْنَ , orang yahudi orang-orang hijaj musrik arab dan nasrani habasyah pada penuruan Al-Quran اَلْقِسِيْسُوْنَ  Al-Qisissun kata jama dari قِسِسْ qisis yaitu kepala agama di atas penjaga gereja di bawah uskup pada mulanya لْقِسِيْسُوْنَا Al-Qisisun (para pendeta)yaitu orang-orang yang mengerti agama dan kitabnya karena mereka adalah para memimpin dan pemberi fatwa الرُهْبَانْ Ar Ruhban kata jamak dari رُاهِبُ rohib yaitu orang yang mengasingkan diri dari tempat-tempat peribadatan untuk melakukan ibadah dan untuk menahan diri dari ksenangan seperti beristri,mempunyai anak, menikmati makanan dan perhiasan disebutkannya
4.      para pendeta dan rahib sekaligus dimaksudkan untuk memadukanm antara orang-orang yang beribadah dan para ulama4
5.       Di Sini Allah taala menerangkan sebaba kaum nasrani mencintai kaum muslimin, kecitaan ini di sebabkan di antara mereka terdapat para pendeta yang menyampaikan keagamaan memperperbaiki akhlak dan mendidik mereka dengan berbagai etika dan keutamaan dan juga terdapat para rahib yang melatih mereka agar terbiasa berjuhud dan berpaling dari segala kesenangan dunia serta menanamkan di dalam jiwa mereka rasa takut kepada allah dan mengasingkan diri dalam beribadah di samping itu juga mereka tidak enggan untuk tunduk kepada kebenaran apabila Nampak suatu itu benar



F.      Khulashah ( kesimpulan )

1.      Orang orang yang memusuhi orang yang beriman yaitu orang kafir dari bangsa mekkah karena kebodohaan mereka mengikuti hawa nafsu
2.      orang nasrani diantara mereka ulama ulama dan pendeta pendeta oleh karena itu mereka mencintai orang-orang nasrani
3.       Dan ulama ulama dan pendeta  mereka semua tidak sombong seperti sombongnya orang kafir ahli mekkah dan mereka di turunkan d tengah-tengah kaum najasi dan mereka masuk islam karena di bacakanya kepada mereka surat yasin subhanallah






[1] Jalaludin Muhammad bin ahmad mahali.tafsir jalalain.hal.107
2Ahmad Mustafa Al-Maragi.Tafsir Al-maragi.hlm.1-3
3Muhammad Nasib Ar-Rifai.Ringkasan tafsir Ibnu Katsir.hal178
4M Quraish shihab.Tafsir Al-Misbah.136

Tidak ada komentar:

Posting Komentar