Selasa, 24 Mei 2016

Penelitan Eksperimen

1.    Pengertian Penelitian Eksperimen
Eksperimen menurut Kerlinger (1986: 315) adalah sebagai suatu penelitian ilmiah dimana peneliti memanipulasi dan mengontrol satu atau lebih variable bebas dan melakukan pengamatan terhadap variabel-variabel terikat untuk menemukan variasi yang muncul bersamaan dengan manipulasi terhadap variabel bebas tersebut.
Sementra itu Isaac dan Michael (1977: 24) menerangkan bahwa penelitian Eksperimen bertujuan untuk meneliti kemungkinan sebab akibat dengan mengenakan satu atau lebih kondisi perlakuan pada satu atau lebih kelompok eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan.
Sedangkan Robert Plutchik (1988: 213) mengemukakan definisi eksperimen secara lebih singkat, adalah merupakan cara mengatur kondisi suatu eksperimen untuk mengidentifikasi variable-variabel dan menentukan sebab akibat suatu kejadian.[1]
Berdasarkan pengertian-pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian eksperimen adalah suatu penelitian dimana peneliti melakukan manipulasi secara sistematis untuk melihat hubungan sebab akibat dari variable independen dan variable kontrol untuk tujuan penelitian.



2.    Karakteristik Penelitian Eksperimen
Ada tiga hal yang menjadi karakteristik penelitian eksperimen, yaitu:
  1. Manipulasi
Manipulasi langsung peneliti terhadap sekurangnya satu variable bebas merupakan salah satu karekateristik yang membedakan semua penelitian eksperimen dari metode lain. Secara sederhada, manipulasi dimaksudkan bahwa peneliti memutuskan apa bentuk atau nilai-nilai variable bebas (atau sebab) yang akan diambil dan kelompok mana akan mendapat bentuk yang mana.


  1. Pengendalian
Ada dua asumsi yang menjadi dasar penelitian eksperimen, yaitu sebagai berikut:
1)    Apabila dua situasi sama dalam segala hal, kecuali faktor yang ditambahkan ke atau dibuang dari salah satu situasi itu, maka setiap perbedaan yang muncul diantara kedua situasi tersebut dapat dikaitkan dengan faktor tersebut. Pernyataan ini disebut hokum variabel tunggal (law of the single variable).
2)    Apabila dua situasi tidak sama, tetapi dapat ditunjukkan bahwa tidak ada satu variabel pun yang signifikan dalam menimbulkan gejala yang sedang diteliti, atau apabila variabel yang signifikan itu dibuat sama, maka setiap perbedaan yang terjadi di antara kedua situasi itu setelah dimasukkannya variabel baru ke dalam salah satu diantaranya, dapat dianggap sebagai disebabkan oleh variabel baru tersebut. Pernyataan ini disebut hukum satu-satunya variabel yang signifikan (the law of the only significant variable)(Ary, 1982:324).
Menurut Gay (1981) pengendalian mengacu pada usaha-usaha pihak peneliti untuk menyingkirkan pengaruh suatu variabel (selain variabel bebas) yang dapat memengaruhi performansi pada variabel terikat. Dengan kata lain, mengontrol merupakan usaha peneliti untuk memindahkan pengaruh variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi variabel terkait. Dalam pelaksanaan eksperimen, group eksperimen dan group kontrol sebaiknya diatur secara intensif agar karakteristik keduanya mendekati sama.
  1. Pengamatan (observasi)
Untuk mengetahui apakah ada pengaruh manipulasi variabel bebas terhadap variabel terikat dalam suatu penelitian eksperimen, perlu dilakukan pengamatan. Pengamatan dilakukan pada ciri-ciri tingkah laku subjek yang diteliti. Dalam melakukan pengamatan ini peneliti melakukan pengukuran dengan menggunakan  instrumen. Tujuan dari kegiatan observasi dalam penelitian eksperimen adalah untuk melihat dan mencatat segala fenomena yang muncul yang menyebabkan adanya perbedaan diantara dua group.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Adapun, ciri khusus eksperimen (McMillan&Schumacher,1989) adalah sebagai berikut:
  1. Ekuvalensi statistik (persamaan data) dari subyek dalam kelompok yang berbeda. Ekuvalensi statistic dapat diperoleh secara acak. Ekuivalensi statistic dilakukan untuk mengurangi terjadinya ancaman terhadap validitas internal dari seleksi.
  2. Adanya perbandingan antar dua kelompok atau lebih.
Dalam eksperimen setidaknya ada dua kelompok subyek sehingga memungkinkan untuk melakukan perbandingan. Tujuan utama eksperimen adalah membandingkan pengaruh suatu kondisi pada kelompok yang satu dengan kondisi yang lain pada kelompok yang berbeda, atau pengaruh dua kondisi kelompok yang sama. Karena tidak memungkinkan adanya perbandingan, pengujian pengaruh kondisi tersebut tidak dapat dilakukan bila hanya ada satu kelompok subyek dengan satu kondisi.
  1. Adanya manipulasi perlakuan.
  2. Adanya pengukuran untuk masing-masing variable independen
  3. Penggunaan statistik inferensial.
Statistik inferensial adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menentukan sejauh mana kesamaan antara hasil yang diperoleh dari suatu sampel dengan hasil yang akan didapat pada populasi secara keseluruhan. Jadi statistik inferensial membantu peneliti untuk mencari tahu apakah hasil yang diperoleh dari suatu sampel dapat digeneralisasi pada populasi.
  1. Adanya desain yang dapat mengontrol secara ketat variable asing.
Kontrol variabel dalam eksperimen dilakukan untuk meyakinkan bahwa tidak ada variabel asing yang dapat memberikan hipotesa tandingan yang menerangkan hasil penelitian.[2]



3.    Tujuan Penelitian Eksperimen
Tujuan umum penelitian eksperimen adalah untuk meneliti pengaruh dari suatu perlakuan tertentu terhadap gejala suatu kelompok tertentu dibanding dengan kelompok lain yang menggunakan perlakuan yang berbeda.
Selanjutnya, tindakan di dalam eksperimen disebut treatment, dan diartikan sebagai semua tindakan, semua variasi atau pemberian kondisi yang akan dinilai/diketahui pengaruhnya. Sedangkan yang dimaksud dengan menilai tidak terbatas pada mengukur atau melakukan deskripsi atas pengaruh treatment yang dicobakan tetapi juga ingin menguji sampai seberapa besar tingkat signifikansinya (kebermaknaan atau berarti tidaknya) pengaruh tersebut jika dibandingkan dengan kelompok yang sama tetapi diberi perlakuan yang berbeda.

4.    Syarat Penelitian Eksperimen
Sebuah penelitian dapat berjalan baik dan memberikan hasil yang akurat jika dilaksanakan dengan mengikuti kaidah tertentu. Seperti halnya dengan penelitian eksperimen, akan memberikan hasil yang valid jika dilaksanakan dengan mengikuti syarat-syarat yang ada. Berkaitan dengan hel tersebut, Wilhelm Wundt dalam Alsa (2004) mengemukakan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh peneliti dalam melaksanakan penelitian eksperimental, yaitu:
a.    Peneliti harus dapat menentukan secara sengaja kapan dan di mana ia akan melakukan penelitian;
b.    Penelitian terhadap hal yang sama harus dapat diulang dalam kondisi yang sama;
c.    Peneliti harus dapat memanipulasi (mengubah, mengontrol) variabel yang diteliti sesuai dengan yang dikehendakinya;
d.    Diperlukan kelompok pembanding (control group) selain kelompok yang diberi perlakukan (experimental group).[3]




5.    Prosedur Penelitian Eksperimen
Langkah-langkah dalam studi eksperimental pada dasarnya sama dengan langkah-langkah pada penelitian lain, yaitu[4]:
  1. Memilih dan merumuskan masalah;
  2. Memilih subjek dan instrumen pengukuran;
  3. Memilih desain penelitian;
  4. Melaksanakan prosedur;
  5. Menganalisis data;
  6. Merumuskan kesimpulan.

6.    Validitas Penelitian Eksperimen
Suatu eksperimen dinyatakan valid jika hasil yang diperoleh hanya disebabkan oleh variabel bebas yang dimanipulasi, dan jika hasil tersebut dapat digeneralisasikan pada situasi di luar seting eksperimental. Variabel luar (ekstraneous variables) yang tidak dikontrol akan dapat memengaruhi variabel terikat yang mengancam validitas suatu eksperimen.
Pada dasarnya, pada semua penelitian dengan menggunakan paradigma positivistik, akan menghadapi dua pertanyaan besar, yaitu:
(1)  apakah hasil penelitian ini benar atau dapat dipercaya?; dan
(2) apakah kita dapat menggeneralisasikan hasil penelitian ini kepada sejumlah subyek yang kondisinya dianggap sama dengan subyek yang kita teliti?
Permasalahan nomor (1) adalah berkaitan dengan validitas internal suatu hasil penelitian, sedangkan permasalahan yang berkaitan dengan pertanyaan nomor (2) menyangkut validitas eksternal suatu hasil penelitian.
a.    Validitas internal
Validitas internal mengacu pada kondisi perbedaan yang diamati pada variabel bebas adalah suatu hasil langsung dari variabel bebas yang dimanipulasi, bukan dari variabel lain. Penelitian eksperimen pada umumnya lebih menekankan pada pemenuhan validitas internal, yaitu dengan cara mengontrol/mengendalikan/mengeliminir pengaruh faktor-faktor di luar yang dieksperimenkan yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen.
Adapun faktor-faktor yang dapat mengancam validitas internal suatu hasil penelitian eksperimen antara lain:
1)    History, yaitu kejadian-kejadian tertentu yang terjadi antara pengukuran pertama (pretest) dan kedua (post-test), selain variabel-variabel yang dieksperimenkan (treatment).
2)    Maturation (kematangan), yaitu: proses perubahan (kematangan) di dalam diri subyek yang terjadi selama berlangsungnya eksperimen (misal: makin trampil, makin lelah/jenuh dsb). Untuk mengatasi hal ini adalah dengan mendisain eksperimen yang tidak terlalu lama.
3)    Efek Testing, yaitu efek yang ditimbulkan hasil pengukuran pertama (pretest) terhadap hasil pengukuran kedua (post-test). Cara mengatasinya adalah dengan tidak memberikan pre-test.
4)    Instrumentation, yaitu efek yang ditimbulkan akibat perubahan cara pengukuran, perubahan pengamat, yang dapat membuat perubahan hasil pengukuran.
5)    Selection, yaitu adanya bias di dalam menentukan/memilih responden/subyek untuk kelompok eksperimen (atau kelompok yang diberikan perlakuan) dan kelompok control/pembanding.
6)    Statistical regression, yaitu bahwa kelompok yang dipilih berdasarkan skor yang ekstrim cenderung akan meregres ke rerata populasi.
7)    Mortality, yaitu kehilangan subyek, baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok pembading, yaitu adanya pengurangan subyek ketika dilakukan pengukuran terhadap dampak eksperimen/perlakuan.

b.    Validitas Eksternal
Validitas eksternal mengacu pada kondisi bahwa hasil yang diperoleh dapat digeneralisasikan dan dapat diterapkan pada kelompok dan lingkungan di luar seting eksperimen.
Campbell dan Stanley (dalam Gay, 1981:216-220) mengidentifikasi beberapa ancaman utama terhadap validitas eksternal yang dapat membatasi atau dapat mempertanyakan generalisasi pada populasi noneksperimental, yaitu:
1)    Interaksi Prates-Perlakuan, muncul bila respon subjek atau bereaksi secara berbeda pada perlakuan karena mereka megikuti prates. Efek perlakuan berbeda dari yang diperoleh subjek yang tidak mengikuti prates. Dengan demikian, hasilnya hanya dapat digeneralisasikan pada kelompok yang mendapat prates.
2)    Interaksi Seleksi-Perlakuan, subjek tidak dipilih secara acak dari populasi membatasi kemampuan peneliti untuk menggeneralisasikan karena keterwakilan sampel dipertanyakan.
3)    Spesifisitas Variabel, suatu ancaman terhadap yang tidak mengindahkan generalisabilitas dari desain eksperimental yang digunakan.
4)    Pengaturan Reaktif (Reactive Arrangement), sejumlah faktor yang diasosiasikan dengan cara bagaimana penelitian dilakukan dan perasaan serta sikap subjek yang dilibatkan.
5)    Interferensi Perlakuan Jamak (Multiple-Treatment Intterference), muncul bila subjek yang sama menerima lebih dari satu perlakuan dalam pergantian.
6)    Kontaminasi dan Bias Pelaku Eksperimen, muncul bila keakraban peneliti dengan subjek memengaruhi hasil penelitian. Peneliti dapat dengan tidak sengaja memengaruhi perilaku mereka atau menjadi subjektif dalam penilaian perilaku mereka.

7.    Desain Penelitian Eksperimen
Desain penelitian eksperimental adalah desain yang mengontrol semua variable luar (ekstranous). Desain yang baik mengontrol banyak sumber ketidakvalidan, desain yang jelek hanya mengontrol sebagian.
Jenis variable ektranous terbagi menjadi 2 (dua) yaitu:
  1. variabel subyek
1)  Variabel Organismik:   karakteristik subyek/organisme tidak bisa langsung dikontrol.
2)  Variabel Intervening:   menyela diantara  variabel  bebas dan terikat Tidak bisa langsung  diamati tetapi dapat dikontrol
  1. variabel lingkungan




Desain eksperimen yang dipilih terkait erat dengan tingkat validitas hasil penelitian yang akan diperoleh. Namun demikian, pada penelitian eksperimen di kelas pembelajaran, akan banyak menghadapi berbagai keterbatasan, antara lain:
  1. Kesulitan untuk mengelompokkan siswa secara bebas sesuai keinginan peneliti, yaitu melakukan matching atau penugasan secara random, sehingga sulit memperoleh dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) yang benar-benar sebanding (komparabel).
  2. Penelitian eksperimen di kelas pada umumnya hanya dapat menggunakan kelas atau kelompok siswa apa adanya, sehingga sampelnya disebut intax sample.
  3. Kendala-kendala yang terkait dengan kejujuran dan keobyektifan guru dalam mengukur dampak perlakuan (hasil belajar).
  4. Kendala untuk mengendalikan factor-faktor (variabel) yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen, misal: interaksi siswa dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak mungkin dicegah, dsb.

Jenis desain Penelitian Eksperimental
  1. Pengontrolan Variabel Luar ( Control of Extraneous Variabel)
  2. Pemadanan ( Matching)
  3. Perbandingan Kelompok dan Sub Kelompok
  4. Penggunaan Subyek sebagai pengendalian diri mereka sendiri
  5. Analisis Kovarian

8.    Jenis Desain Kelompok
Wiersma (1991: 103-104) mengemukakan sejumlah kriteria untuk suatu desain penelitian. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut:
a.    Kontrol eksperimen yang memadai, terdapat hambatan yang cukup pada kondisi eksperimen dan peneliti juga dapat menafsirkan hasilnya.
b.    Kekurangan artifisialitas, penting dalam penelitian pendidikan jika hasil penelitian eksperimen digeneralisasikanpada suatu setting non-eksperimental.
c.    Dasar untuk perbandingan, membuat suatu perbandingan untuk menentukan apakah terdapat pengaruh eksperimental atau tidak.
d.    Informasi yang memadai dari data, data harus cukup untuk pengujian hipotesis dari eksperimen.
e.    Data yang tidak terkontaminasi, data tidak boleh dipengaruhi oleh pengukuran yang miskin atau kesalahan dalam prosedur eksperimental.
f.     Tidak mencampurkan variabel yang relevan, berhubungan dengan kontrol eksperimen yang memadai.
g.    Keterwakilan, menggeneralisasikan hasil eksperimen kepada banyak individu.
h.    Kecermatan, desain yang lebih sederhana biasanya lebih mudah untuk dilakukan dan mungkin lebih mudah untuk diinterpretasi.

Dilihat dari kemampuan dalam melakukan control terhadap variabel-variabel penelitian, jenis/bentuk rancangan penelitian eksperimen dibedakan dalam tiga kelompok besar, antara lain:
  1. Rancangan Pra-Eksperimen  (Pra -Experiment Design)
Rancangan ini digunakan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat hanya dengan cara melibatkan satu kelompok subjek, sehingga tidak ada control yang ketat terhadap variabel. Terdapat tiga jenis rancangan penelitian yang dapat dimasukkan dalam kelompok rancangan penelitian ini, yaitu:
1)    Studi Kasus Bentuk Tunggal (One - Shot Case Study)
Yaitu  sebuah eksperimen  yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa adanya tes awal. Skema dari model ini adalah sebagai berikut:
X
O
Perlakuan terhadap variabel independen (Treatment of independent variable)
Pengamatan atau pengukuran terhadap variabel dependen (Observation or measurement of dependent variable)
X: kelompok yang akan diberi stimulus dalam eksperimen
O: kejadian pengukuran atau pengamatan.
Bagan tersebut dapat dibaca sebagai berikut: terdapat suatu kelompok yang diberi perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Contoh: Pengaruh penggunaan Komputer dan LCD (X) terhadap hasil belajar siswa (O).
Dengan model ini peneliti tujuannya sederhana yaitu ingin mengetahui efek dari perlakuan yang diberikan pada kelompok tanpa mengindahkan pengaruh faktor yang lain.
2)    Pratest-Postest Kelompok Tunggal (The One Group Pratest Posttest)
Rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding.Model ini lebih sempurna jika dibandingkan dengan model pertama, karena sudah menggunakan tes awal (pratest) kemudian setelah diberikan perlakukan dilakukan pengukuran (posttest) lagi untuk mengetahui akibat dari perlakukan itu, sehingga besarnya efek dari eksperimen dapat diketahui dengan pasti. Skema dari model ini adalah:
O1
X
O2
Pretest
Treatment
Posttest
Desain ini mempunyai beberapa kelemahan, karena akan menghasilkan beberapa ukuran perbandingan. Kelemahan tersebut antara lain disebabkan oleh faktor historis (tidak menghasilkan perbedaan O1 dan O2), maturitation (subjek penelitian dapat mengalami kelelahan, kebosanan, atau kelaparan dan kadang enggan menjawab jika dinilai tidak sesuai dengan nilai yang berlaku), serta pembuatan instrument penelitian. Kejelekannya yang paling fatal adalah tidak akan menghasilkan apapun.

3)    Perbandingan Kelompok Statis (The Static Group Comparison Group)
Pada rancangan ini, ada kelompok yang diberikan treatmen eksperimental, dan ada kelompok lainnya yang tak diberikan treatmen, dua-duanya adalah kelompok yang sudah ada. Skema dari model ini adalah:
X                              O1
O2
O1: hasil pengukuran satu grup yang diberi perlakuan,
O2: hasil pengukuran satu grup yang tidak diberi perlakuan.
Pengaruh perlakuan: O1 – O2.
Ketiga bentuk desain preexperiment itu jika diterapkan untuk penelitian akan banyak variabel luar masih berpengaruh dan sulit dikontrol, sehingga validitas internal penelitian menjadi rendah.

  1. Rancangan Eksperimen  Murni (True- Experimental Design)
Rancangan penelitian ekperimen ini digunakan untuk mengungkapkan hubungan sebab-akibat dengan cara melibatkan kelompok control disamping kelompok eksperimental, yang pemilihan kedua kelompok tersebut menggunakan tekhnik acak.
Terdapat tiga karakter dalam rancangan penelitian ini: (1)  adanya kelompok kontrol, (2) siswa ditarik secara random/acak dan ditandai untuk masing-masing kelompok, (3) sebuah tes awal dilakukan untuk mengetahui perbedaan antar kelompok. Terdapat  empat jenis rancangan penelitian eksperimen murni, antara lain:
1)    Rancangan secara acak dengan tes awal dan tes akhir dengan kelompok kontrol (The randomized pretest-posttest contol group design)
Dalam rancangan ini, kelompok eksperimental diberi perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak. Pada kedua kelompok diawali dengan pratest, dan setelah pemberian perlakuan diadakan pengukuran kembali (pascatest). Subjek yang dipilih  pada racangan penelitian ini menggunakan tekhnik acak. Skema model penelitian ini adalah:

Grup
Pratest
Variabel terikat
Posttest
(R)
(R)
Eksperimental
Kontrol
Y1
Y1
X
-
Y2
Y2




2)    Rancangan secara acak dengan tes akhir dan kelompok control (The randomized posttest only control group design)
Pada rancangan ini, ada kelompok eksperimen dan ada kelompok kontrol.Pada kelompok eksperimen dikenai perlakuan X1 dan pada kelompok kontrol tidak dikenai perlakuan.Dan pada akhir penelitian kedua kelompok dikenai posttest. Pemilihan subjek ke dalam kedua kelompok yang dikenai eksperimen menggunakan proses  randomisasi. Dengan begitu, sesuai dengan asumsi randomisasi, kedua kelompok yang  dikenai eksperimen adalah ekuivalen (hampir sama). Skema model ini adalah:

Grup
Variabel Terikat
Posttest
(R)
(R)
Eksperimen
Kontrol
X
-
Y2
Y2

3)    Empat kelompok Solomon (The randomized Solomon four group design)
Rancangan ini pada dasarnya menggabungkan dua rancangan eksperimental sebelumnya  sehingga terbentuk rancangan yang melibatkan empat kelompok. Dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan dua lainnya sebagai kelompok control. Pada kedua kelompok eksperimental diberi perlakuan sedangkan pada kedua kelompok control tidak. Pada satu pasangan kelompok eksperimen dan control diawali dengan pratest, sedangkan pada pasangan yang lain tidak. Setelah pemberian perlakuan selesai diadakan pengukuran atau pascatest pada keempat kelompok.Peneliti dapat menekan sekecil mungkin sumber-sumber kesalahan karena adanya empat kelompok yang berbeda dengan enam format pengukuran. Skema model penelitian ini adalah:

Grup
Pretest
Variabel terikat
Posttest
(R)
(R)
(R)
(R)
Eksperimen 1
Control 1
Eksperimen 2
Control 2
Y1
Y1
-
-
X
-
X
-
Y2
Y2
Y2
Y2
  1. Eksperimen Semu ( Quasi-Experimental Design)
Penelitian eksperimen semu adalah penelitian yang dilaksanakan  dengan  menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment) dan bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak. Penggunaan rancangan ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang dapat diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan/atau memanipulasikan semua variabel yang relevan.
Ciri-ciri rancangan eksperimen semu adalah:
1)    Manipulasi eksperimen hanya pada variabel bebas.
2)    Tidak ada pemilihan secara acak untuk kelompok dan atau
3)    Tidak ada kelompok kontrol.
Dalam rancangan ini biasanya menggunakan kelompok subjek yang telah terbentuk secara wajar,sehingga sejak awal bisa saja kedua kelompok subjek telah memiliki karakteristik berbeda. Apabila pada pascatest ternyata kedua kelompok itu berbeda mungkin  saja perbedaannya bukan disebabkan oleh perlakuan tetapi karena sejak awal kedua kelompok sudah berbeda. Control terhadap variabel-variabel yang berpengaruh terhadap eksperimen  tidak dilakuan  karena akesperimen ini biasanya dilakukan dimasyarakat. Beberapa jenis rancangan penelitian  antara lain:
1)    Pretest-Posttest, Non-Equivalent Control Group Design
Rancangan ini pada dasarnya sama dengan rancangan secara acak pratest-posttest  dan kelompok control diatas tadi. Perbedaannya hanyalah terletak pada teknik yang digunakan di dalam upaya mengekuivalenkan/menyamakan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pada rancangan ini, bukan proses randomisasi yang digunakan, melainkan menggunakan kelompok yang sudah ada, akan tetapi subjek yang dikenai pratest  dan pascates terbatas pada subjek-subjek yang dapat dijodohkan. Skema model penelitian ini adalah:



Grup
Pratest
Variabel terikat
Post test
(NR)
(NR)
Y1
Y1
X
-
Y2
Y2

2)    Rancangan rangkaian waktu (A basic time-series design)
Pada time series design, peneliti melakukan pengukuran di awal penelitian sebanyak  tiga kali berturut, kemudian peneliti memberikan perlakuan pada obyek yang diteliti. Kemudian peneliti melakukan pengukuran selama tiga kali lagi setelah perlakuan dilakukan. Design ini merupakan pengembangan dari One Group Pretest-Posttest Design, jika pengukuran dilakukan secara berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu. 
3)    Desain Berimbang (Conterbalanced Design)
Dalam desain berimbang (Conterbalanced Design) semua kelompok menerima semua perlakuan, tetapi dalam urutan yang berbeda. Dalam desain untuk tiga kelompok dan tiga perlakuan, jumlah kelompok dapat dilibatkan (dua atau lebih); pembatasannya hanyalah jumlah kelompok sama dengan jumlah perlakuan. Urutan kelompok dalam menerima perlakuan ditentukan secara random.
4)     Desain Faktorial (Factorial Design)
Desain merupakan modifikasi dari design true experimental, yaitu dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi perlakuan terhadap hasil. Semua grup dipilih secara random kemudian diberi pretest. Grup yang akan digunakan untuk penelitian dinyatakan baik jika setiap kelompok memperoleh nilai pretest yang sama.

Pada penelitian eksperimen murni kelompok subjek penelitian ditentukan secara acak, sehingga akan diperoleh kesetaraan kelompok yang berada dalam batas-batas fluktuasi acak. Namun, dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran, pelaksanaan penelitian tidak selalu memungkinkan untuk melakukan seleksi subjek secara acak, karena subjek secara alami telah terbentuk dalam satu kelompok utuh (naturally formed intact group), seperti kelompok siswa dalam satu kelas.  Kelompok-kelompok ini juga sering kali jumlahnya sangat terbatas.
Dalam keadaan seperti ini kaidah-kaidah dalam penelitian eksperimen murni tidak dapat dipenuhi secara utuh, karena pengendalian variabel yang terkait subjek penelitian tidak dapat dilakukan sepenuhnya, sehingga penelitian harus dilakukan dengan menggunakan intact group. Penelitian seperti ini disebut sebagai penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu).
Jadi penelitian kuasai eksperimen menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment), bukan menggunakan subjek yang diambil secara acak.

9.    Kesimpulan
Eksperimen merupakan desain penelitian yang paling teliti dan tepat untuk menyelidiki pengaruh suatu variable terhadap variable lain. (Borg & Gall,1979) Hal tersebut dikarenakan penelitian eksperimen dapat menunjukkan adanya sebab akibat suatu variable. Penafsiran Kausal merupakan inti dari penelitian eksperimen.
Dalam bidang pendidikan, topik yang paling menjadi fokus dalam eksperimen adalah hal-hal yang menjadi berkaitan dengan pengujian pengaruh material pendidikan dan praktek yang baru pada hasil belajar siswa.
Karena itu, hasil penelitian eksperimen memiliki pengaruh besar pada penentuan materi kurikulum dan strategi pembelajaran di sekolah. Dengan demikian eksperimen mampu dalam peningkatan keberhasilan pembaharuan dalam bidang pendidikan khususnya kurikulum sekolah.





[1] A. Eko Setyanto Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi  Jurnal ILMU KOMUNIKASI  VOLUME 3, NOMOR 1 , JUNI 2015: 37 - 48
[2] Ibnu Hajar Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan  (Jakarta, Pt. Raja Grafindo Persada: 1999) 321-379


[3] Farida Nursyahidah Penelitian Eksperimen
[4] Prof. Dr. Emzir, M.Pd., Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, 2013 hal 69.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar